ME, MY SELF AND I

Foto saya
Jakarta, Indonesia
suka billiard, suka nyanyi, suka semua yang 'berbau seni', suka ngobrol, suka pempek, suka AC Milan, suka asal, suka-suka dewa lah pokoknya...

RECENT POST

:: 3B (BRAIN, BEAUTY, BEHAVIOR)


Brain, Beauty, Behavior (3B, dibaca: tri Bi). Sesuatu yang harus dipunyai oleh para peserta kontes putri-putrian di antero jagad. Arti dari masing-masing kata itu, kira-kira seperti ini. "Brain" berarti seorang putri, harus mempunyai wawasan yang luas, dalam bahasa lainnya 'ga bodo'. "Beauty" berarti cantik, selain wajah yang eye catching, juga dinilai dari bentuk tubuh yang proporsional. "Behavior" berarti kepribadian, kepribadian dari sikap, kelakuan serta tindak tanduk.

Seru kan, kalo sampe bisa menuhin ketiga syarat tersebut. ya pinter, cantik, plus jaim (yang positif. bukan terlalu jaim. hehe..).

Tapi ternyata, ga cuma budaya barat yang punya motto 3B. Di Indonesia, tepatnya di pulau Jawa, juga terkenal falsafah 3B, Bibit, Bebet, Bobot. Yang biasanya, jadi patokan syarat untuk menemukan pendamping hidup maupun sahabat.

Adapun pengertian dari Bibit, Bebet, Bobot tersebut adalah, "Bibit" berarti, keturunan yang baik, dari segi derajat dan martabat. "Bebet" berarti keluarga, lingkungan dan siapa saja teman pergaulannya, sedangkan "Bobot", nilai pribadi seseorang, termasuk kepribadian dan pendidikannya.

Setelah membaca sedikit kutipan diatas, dapat dilihat sedikit perbedaan pada 3B asli Indonesia. 3B asli Indonesia ini, tidak satu poin pun yang membahas tentang ketampanan/kecantikan fisik. Karena bagaimanapun juga, semua itu anugrah dari Tuhan YME. Dan kita harus mensyukurinya.

Don't Judge a book, by it's cover lah..!!!

0 komentar: